mengulas mengenai sisi positif & negatif media-media sosial



Jejaring sosial adalah salah satu dari banyak media untuk berinteraksi antara manusia satu dengan lainnya. Melalui media sosial seperti Facebook dan Twitter sebuah komunikasi dengan mudah bisa di jalankan. Selalu ada dampak positif dan negatif yang di timbulkan oleh media-media social yang kita gunakan. Dampak positif dan negatif itu antara lain:
1.       DAMPAK POSITIF MEDIA SOSIAL
-          Media Interaksi Sosial
Inilah yang biasanya menjadi alasan pengguna situs jejaring sosial. Melalui situs tersebut pengguna dapat berkomunikasi secara mudah, cepat, dan murah. Melalui situs itu pula para pengguna dapat mencari keberadaan teman lama, menemukan teman baru, dan menemukan orang-orang yang memiliki kesamaan hobi dan aktivitas.
-          Sarana Ekspresi Diri
Ingat cerita sukses Sinta dan Jojo? Kabarnya, mereka meng-upload video mereka di Youtube dan menyebarkannya melalui account Facebook. Otomatis, ekspresi Sinta dan Jojo tersebut mendapat tanggapan dari pengunjung Youtube dan pengguna Facebook. Kemudian, berita tentang video itu semakin tersebar dan ditangkap oleh media massa. Akhirnya, jadilah Sinta dan Jojo pendatang baru di dunia hiburan Indonesia.
-          Sarana Berbagi
Melalui situs jejaring sosial, kita dapat berbagi banyak hal, mulai pengalaman, cerita, pengetahuan, dan banyak lagi yang lain.
-          Media Bisnis
Facebook dapat berkembang dengan pesat di antaranya karena banyak yang menyadari bahwa situs jejaring sosial dapat digunakan sebagai lahan bisnis.
2.       DAMPAK NEGATIF  MEDIA SOSIAL
-          Membuat waktu terbuang dengan sia-sia
Ketika seseorang menggunakan media-media sosial secara berlebihan yang meneyebabkan terbuangnya waktu karena kita lebih sering online dari pada kita membuat sesuatu yang bisa membuat kita produktif.
-          Menambah beban pengeluaran
Keberadaan jejearing sosial yang menjadi bagian dari kehidupan manusia modern sehingga kepemilikan akun salah satu jejaring sosial seolah menjadi WAJIB hukumnya. Nah implikasi yang muncul adalah harus adanya alat yang bisa dipergunakan untuk akses media sosial tersebut seperti komputer dan handphone. Ketika kita memiliki computer atau handphone kita harus memiliki koneksi ke internet yang harus mengeluarkan dana agar kita bisa terhubung dengan internet.
-          Mengganggu konsentrasi belajar
Selain menyia-nyiakan waktu, penggunaan media sosial secara berlebih juga mengganggu konsentrasi belajar. Karena rata-rata orang yang memiliki media sosial akan cenderung menggunakan media social tersebut dari pada harus belajar, hal ini yang menyebabkan media sosial dapat menggangu belajar.
-          Mengancam kesehatan
Ketika kita melakukan sesuatu secara berlebihan pasti akan berdampak pada tubuh kita, begitu pula jika kita terlalu berlebihan menggunakan media sosial,  karena ketika kita terlalu lama berada di depan komputer itu akan menyebabkan  kesehatan tubuh kita berkurang.

0 Response to "mengulas mengenai sisi positif & negatif media-media sosial"

Posting Komentar