PERAN DAN FUNGSI BAHASA & FENOMENA BAHASA INDONESIA


1. Peran dan fungsi bahasa

A.Pengertian Bahasa
           Secara umum bahasa didefinisikan sebagai lambang. Bahasa adalah alat komunikasi yang berupa system lambang bunyi yang dihasilkan alat ucap manusia. dan bahasa memiliki beberapa fungsi yang dapat digunakan berdasarkan kebutuhan  seseorang, Yakni sebagai alat untuk berkomunikasi, sebagai alat untuk mengadakan integrasi dan adaptasi terhadap lingkungan sekitar, berfungsi untuk alat mengekspresikan diri , dan sebagai alat untuk kontrol sosial .
             Bahasa indonesia merupakan bahasa yang kita pakai sehari-hari dan juga bahasa resmi negara kita. dalam penggunaannya, bahasa indonesia sendiri adalah bahasa yang digunakan oleh masyarakat indonesia untuk alat pemersatu bangsa, karena indonesia memiliki banyak sekali suku, ras, agama, adat istiadat dan budaya, dan juga memiliki banyak bahasa daerah sendiri.

B. Fungsi Bahasa
  Fungsi bahasa terbagi dalam beberapa aspek diantaranya :
1.  komunikasi
2. integrasi dan adaptasi
3. kontrol sosial
4. ekspresi

1. Komunikasi
    Melalui bahasa, dapat berhubungan dan berinteraksi dengan alam sekitarnya, terutama sesama manusia sebagai makhluk sosial.Manusia dalam berkomunikasi tentu harus memperhatikan dan menerapkan berbagai etika .Melalui bahasa yang baik, maka lawan komunikasi dapat memberikan respon yang positif. Akhirnya, dapat dipahami apa maksud dan tujuannya.
2. Integrasi dan adaptasi
     Pada saat kita beradaptasi kepada lingkungan sosial tertentu, kita akan memilih bahasa yang akan kita gunakan bergantung pada situasi dan kondisi yang kita hadapi. Kita akan menggunakan bahasa yang berbeda pada orang yang berbeda. Kita akan menggunakan bahasa yang nonstandar di lingkungan teman-teman dan menggunakan bahasa standar pada orang tua atau orang yang kita hormati.
3. Kontrol Sosial
     Sebagai alat kontrol sosial, bahasa sangat efektif. Kontrol sosial ini dapat diterapkan pada diri kita sendiri atau kepada masyarakat. Berbagai penerangan, informasi, maupun pendidikan disampaikan melalui bahasa. Buku-buku pelajaran dan buku-buku instruksi adalah salah satu contoh penggunaan bahasa sebagai alat kontrol sosial.
4 .Ekspresi
     Pada saat menggunakan bahasa sebagai alat untuk mengekspresikan diri, si pemakai bahasa tidak perlu   mempertimbangkan atau memperhatikan siapa yang menjadi pendengarnya, pembacanya, atau khalayak sasarannya. Ia menggunakan bahasa hanya untuk kepentingannya pribadi.

2. Opini “fenomena bahasa Indonesia dikalangan remaja dan dunia pendidikan”
Fenomena bahasa dikalangan remaja Indonesia saat ini adalah sangat seringnya penggunaan bahasa gaul dalam penggunannya di kehidupan sehari-hari daripada penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar, ini adalah akibat dari perkembangan zaman yang semakin maju membuat penggunaan bahasa Indonesia yang baik semakin sedikit penggunaannya di kalangan remaja. Sedangkan pada kalangan dunia pendidikan, penggunaan bahasa hamper tidak jauh berbeda dengan penggunaan bahasa pada kalangan remaja yang sudah terkena perkembangan  zaman, yaitu sama-sama menggunakan lebih banyak bahasa gaul, penggunaaan bahasa yang baik mungkin hanya digunakan ketika mengerjakan tugas dan hal-hal lainnya. Karena kesadaran kita terhadap bahasa Indonesia yang kecil membuat bahasa Indonesia sedikit sekali penggunaannya, oleh karena itulah marilah kita tingkatkan kesadaran kita terhadap bahasa Indonesia yang baik dan benar.

0 Response to "PERAN DAN FUNGSI BAHASA & FENOMENA BAHASA INDONESIA"

Posting Komentar